Dituntut 4 Tahun Penjara, Dyan Midex Ajukan Pledoi

Dituntut 4 Tahun Penjara, Dyan Midex Ajukan PledoiKEPRI, BERITAKARIMUN.COM – Ketiga terdakwa kasus korupsi dana hibah KPU Kabupaten Karimun yakni Evi Herita, Hermawan Saputra dan Risdyansyah alias Diyan Midex, juga dituntut kewajiban mengembalikan uang kepada negara.

Besarnya uang yang wajib dikembalikan setiap terdakwa berbeda-beda yang totalnya Rp 530 juta. Evi Herita diminta mengembalikan uang sebesar Rp 106 juta, Hermawan Saputra Rp 211 juta, sedangkan Risdyansyah Rp 213 juta.

“Mereka diwajibkan untuk mengganti kerugian Negara. Jika dalam kurung waktu satu bulan tidak dibayar, maka mereka akan dihukum selama satu tahun penjara,” tambah Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sigit Susanto.

Dalam fakta yang muncul didalam persidangan, ketiga terdakwa ini terbukti secara syah sudah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan subsider melanggar pasal 3 Jo pasal 18 UU Nomor 31 tahun 1999 sebagai mana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 55 KUHP sebagaimana dalam dakwaan subsider.

Diantara ketiga terdakwa, memang tuntutan yang diberikan kepada Hermawan Saputra hukumannya paling tinggi. Hal tersebut dikarenakan beberapa waktu lalu Hermawan sempat kabur dari tahanan setelah menjalani sidang dengan Agenda pemeriksaan terdakwa.

“Kasus yang kemaren juga menjadikan acuan bagi kita untuk memberi tuntutan kepada Hermawan. Ini juga atas kebijakan dari pimpinan kami dan dari sana kita menambahkan hukumannya selama satu tahun lagi,” terang Sigit.

Risdyansyah salah satu terdakwa dalam kasus ini merasa keberatan dengan tuntutan Jaksa. Keberatan tersebut didasari karena tuntutan yang diberikan kepadanya sangat tinggi dan sama berat dengan terpidana sebelumnya yakni dua komisioner KPU yang sudah divonis Majelis Hakim.

“Saya merasa keberatan dengan tuntutan ini, saya akan mengajukan pledoi minggu depan,” ucapnya.(TB)

Leave a Reply

Your email address will not be published.