Tinjau Banjir Nurdin-Rafiq Basah Kuyup

Tinjau Banjir Nurdin-Rafiq Basah KuyupKARIMUN, BERITAKARIMUN.COM – Banjir di Pulau Kundur sempat merendam fasilitas Pelabuhan setinggi 50 centimeter, Jumat (6/12).

Kasi Gamat Pelabuhan Syahbandar Tanjung Batu, Didik mengingatkan agar para penumpang berhati-hati saat naik dan turun kapal dari pelabuhan ketika banjir rob terjadi. Para penumpang pun menyingsihkan celananya sampai selutut agar tidak basah.

“Meski demikian aktiftas pelayaran tetap berjalan lancar tanpa hambatan,” ucap Didik, Jum’at (6/12).

Didik memprediksi, banjir rob di pelabuhan akan susut sekitar dua hari kedepan atau sekitar Senin mendatang (9/12). Untuk kondisi perkantoran di Syahbandar, Didik mengaku tidak ada berkas yang terendam, karena semuanya sudah diantisipasi dan diletakan diatas tempat yang lebih tinggi.

Salah seorang warga Tanjungbatu mengaku banjir sering terjadi.

“Kalau kami di sini menyebutnya air pasang keling. Air pasang besar ini sering terjadi setiap penghujung tahun,” ujar Udin.

Udin memperkirakan puncak banjir akan semakin tinggi dalam beberapa hari ke depan. Selain karena air laut yang naik, tingginya curah hujan juga menjadi penyebab banjir tersebut.

Terpisah, Bupati Karimun, Nurdin Basirun, Jumat meninjau daerah rawan banjir di Meral. Aksi ini patut diacungkan jempol karena orang nomor satu di Karimun ini rela basah kuyup diguyur hujan ketika meninjau beberapa daerah rawan banjir tersebut.

“Dari hasil pantauan tersebut, Bupati Nurdin Basirun berkesimpulan bahwa musibah banjir yang terjadi ternyata tidak hanya disebabkan oleh tingginya curah hujan, melainkan kondisi air laut yang pasang juga cukup besar. Sehingga air hujan yang turun tidak bisa langsung mengalir ke saluran drainase karena telah penuh oleh air laut,” ujar Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Karimun, M.Yosli menjelaskan blusukan yang dilakukan oleh orang nomor satu di bumi brazam itu, Jum’at pagi (6/12).

Dihari yang berbeda Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq juga melakukan tinjauan ke lokasi rumah warga yang terkena banjir.Rafiq juga sama halnya dengan Nurdin Basirun di lokasi banjir tampak basah kuyup.(BR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.