Amerika Tanyakan Capres PDIP di Kepri

Amrik Tertarik Politik PDIP KepriBATAM, BERITAKARIMUN.COM – Amerika Serikat berminat terhadap situasi perpolitikan Indonesia. Kedutaan Besar Amerika bahkan mengirimkan utusannya secara khusus ke Kepri untuk mendiskusikan perpolitikan nasional dan regional, khususnya bagi PDI-P.

Craig Hall, Wakil Kedubes Amerika bidang Urusan Politik Domestik secara khusus melakukan kunjungan ke kediaman Ketua DPD PDI-P Kepri, DR HM Soerya Respationo SH MH, Jumat (6/12) pagi.

Melakukan bincang-bincang singkat secara tertutup, Soerya mengatakan kedatangan Craig Hall selain bersilaturahmi, sekaligus mempertanyakan bagaimana prediksi PDI-P terhadap pemilu yang akan datang.

“Tadi beliau bertanya, kapan PDI-P kira-kira me-launching-kan capres (calon presiden)nya, siapa-siapa calon presidennya. Karena isu yang mengemuka saat ini mengenai siapa capresnya. Yang saya lihat mereka mau memetakan di daerah gimana,” jelas Soerya.

Mengenai pencapresan di tubuh PDI-P, menurutnya sebagai petugas partai di daerah, sikap daerah sudah ditunjukkan melalui pertemuan-pertemuan internal selama ini, yang memandatkan hal tersebut langsung kepada Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarno Putri.

“Kami cuma petugas partai di daerah, sikap kami sudah jelas melalui rakernas dan rakornas kemarin, kami memandatkan kepada Ibu Megawati untuk menentukan siapa yang akan dicapreskan. Jadi bukan secara pribadi-pribadi daerah,” jelas pria yang juga digadang-gadang menjadi capres dari PDI-P tersebut.

Bahkan melalui perbincangan itu, kata Soerya, pihak Kedubes Amerika juga sempat menanyakan soal Daftar Pemilih Tetap (DPT), serta akan mengambil sampling ke Tanjung Pinang.

“Ini semacam survey, Amerika ingin tahu PDI-P ini bagaimana sih di daerah. Apakah sama solidnya seperti di pusat. Yah saya katakan, kami di daerah selalu menyampaikan aspirasi ke Ketua Parpol dalam forum. Keinginan pribadi daerah yah boleh saja, tapi kan tetap taat pada instruksi partai,” tegas Soerya.(BP)

Leave a Reply

Your email address will not be published.