Lagi, Pemuda Malaysia Ditangkap Bawa Ganja

Warga Karimun Simpan Heroin Dalam PerutKARIMUN, BERITAKARIMUN.COMPetugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun kembali menangkap warga negara Malaysia berinisial AM (39) karena kedapatan  membawa ganja,  saat memasuki pintu pelabuhan internasional, Selasa (3/12) sekitar pukul 08.15 WIB.

Kepala Seksi Penindakan dan Pencegahan KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun, Andik kepada Haluan Kepri di ruang kerjanya mengatakan, AM ditangkap sesaat setelah tiba di pelabuhan internasional Tanjungbalai Karimun menumpang ferry MV Tuah I dari Kukup, Johor, Malaysia tujuan Tanjungbalai Karimun.

Menurut Andik, warga Malaysia kelahiran Selangor itu ditangkap setelah petugas mencurigai gerak-geriknya yang tampak gugup dan grogi ketika pemeriksaan fisik atau tubuh. “Saat digeledah, petugas menemukan satu paket ganja dalam tas pinggang tersangka. Selanjutnya ia dibawa ke kantor KPPBC untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Andik.

Dari hasil penyelidikan awal, ganja yang dibawa pelaku dengan berat 1,1 gram dan berdasarkan pengakuan tersangka, kata Andik, ganja tersebut untuk dikonsumsi sendiri, bukan untuk dijual. “Saat ini, menurut keterangan pelaku, ganja itu hanya untuk dipakainya sendiri, dan bukan untuk dijual,” ungkapnya.

“Pengakuan tersangka kalau dirinya hanya memakai ganja juga dikuatkan dengan tes urine yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karimun. Dari hasil tes urine tersebut, terbukti kalau pelaku positif mengonsumsi ganja. Saat ini, pelaku juga sudah diserahkan ke Polres Karimun untuk penyelidikan lebih lanjut,” terang Andik.  setelah dilakukan tes urine di RSUD Karimun,” ucapnya.

Dikatakan, atas perbuatannya tersangka dijerat dengan Pasal 102 huruf e Undang-undang No17 tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-undang No10 tahun 1995 tentang Kepabeanan, yaitu menyembunyikan barang impor berupa ganja secara melawan hukum atau penyelundupan melalui pelabuhan feri internasional Tanjung Balai Karimun.

Selain itu, tersangka juga melanggar Pasal 113 ayat (1) Undang-undang No35 tahun 2009 tentang Narkotika. Karena narkotika ada undang-undang khusus yang mengatur dan penyidiknya adalah kepolisian, maka tersangka dan barang bukti kita limpahkan ke kepolisian.

Sebelumnya, Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun bersama tim Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat menangkap Hadi Prianto (35), pemilik heroin seberat 11,82 gram di Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun, Jumat (29/11) sekitar pukul 08.15 WIB.(13)

One thought on “Lagi, Pemuda Malaysia Ditangkap Bawa Ganja

  • December 4, 2013 at 02:23
    Permalink

    kawan aku ne yang kene jer

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.