Warga Karimun Anak Miskin Kesehatan

sebarkan:

Warga Karimun Anak Miskin KesehatanKARIMUN, BERITAKARIMUN.COMBupati Karimun Nurdin Basirun, Sabtu (24/11) lalu melakukan kunjungan kerja ke Pulau Karimun Anak yang terletak di depan Pulau Karimun Besar. Pulau yang termasuk bagian dari pulau terdepan Indonesia, masuk dalam wilayah Desa Pongkar, Kecamatan Tebing tersebut dihuni sebanyak 9 kepala keluarga (KK).

Saat Bupati bertandang ke Pulau Karimun Anak, ternyata disana sudah ada beberapa petugas medis dan paramedis dari Puskesmas Tebing yang tengah melakukan pengecekan kesehatan dan pengobatan rutin kepada warga asli yang sudah mendiami kawasan tersebut sejak puluhan tahun silam.

Bupati Nurdin datang persis disaat petugas kesehatan dari Puskesmas Tebing tengah mengecek kesehatan Abu, tokoh masyarakat di Pulau Karimun Anak itu. Pemeriksaan terhadap Abu dan warga Karimun Anak dilaksanakan diatas rumah panggung ukuran sekitar 3X3 meter. Bupati ikut nimbrung diatas rumah panggung itu.

Saat itu, Nurdin meminta kepada salah seorang petugas kesehatan untuk memeriksakan tekanan darahnya. Pelan-pelan petugas kesehatan itu memasangkan alat pengecek tensi darah.

“Tensi darah bapak 130 per 70. Lumayan untuk orang tua seumuran Bapak. Tidak tinggi dan tidak rendah,” kata petugas kesehatan itu.

Mendengar jawaban itu Nurdin langsung menimpali, “Saya bukan tua, melainkan masih muda sama seperti kalian semua. Jadi, jangan bilang saya tua. Berarti tensi darah tadi tidak cocok ya dengan orang seumuran saya,” ungkap Nurdin tersenyum dengan nada berseloroh, yang hadir pun ikut tertawa renyah.

Kepada petugas kesehatan Puskesmas Tebing, Nurdin mempertanyakan berapa kali mereka turun mengecek kondisi kesehatan warga di Pulau Karimun Anak. Salah seorang petugas menjawab kalau dari Puskesmas Tebing satu kali sebulan. Namun, ada bidan desa yang bertugas di Desa Pongkar secara rutin mengontrol kesehatan warga disana.

Mendengar jawaban itu, Nurdin meminta agar petugas kesehatan lebih sering turun ke Karimun Anak. Kalau sebelumnya hanya satu kali sebulan, maka ke depannya lebih ditingkatkan lagi minimal dua kali sebulan.  Menurutnya, dengan kondisi yang ada sekarang sangat sulit bagi warga yang tinggal di Pulau Karimun Anak untuk pergi berobat ke Puskesmas Tebing atau ke Puskesdes Pongkar.

“Makanya, saya meminta agar petugas kesehatan untuk lebih memperhatikan warga yang tinggal di pulau seperti ini dengan lebih sering turun kesini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.