25 Kepala Sekolah di Lantik Bupati Karimun

sebarkan:

25 Kepala Sekolah di Lantik Bupati KarimunKARIMUN, BERITAKARIMUN.COM – Sebanyak 25 Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan SMP Negeri di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Karimun, Rabu (20/11) diambil sumpah jabatannya.

Pengambilan sumpah oleh Bupati Karimun, Nurdin Basirun di aula SD Negeri 001 Karimun, Bukit Senang. Mereka di antaranya pengawas TK satu orang, pengawas SD dua orang, penilik non formal dua orang, kepala SMP tiga orang, kepala SD 17 orang.

Sekretaris Disdik Karimun, Bakri Hasyim mengatakan penempatan tersebut jauh dari praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), apalagi yang namanya menyetor sejumlah uang untuk mendapatkan penempatan yang lebih dekat ke ibukota kabupaten, Tanjungbalai Karimun.

Sebaliknya, Bakri mengatakan penempatan tersebut sudah melalui proses yang cukup matang dilakukan pihaknya.

“Penempatan ini bebas KKN, apalagi yang namanya setor-menyetor uang, untuk apa. Kalau ada, wartawan yang paling tahu duluan,” ujar Bakri menegaskan.

Salah satu pertimbangan mutasi jabatan kepala sekolah itu, dikatakan Bakri adalah lamanya kepala sekolah tersebut menjabat di sekolah tertentu. Jabatan kepala sekolah paling singkat diemban seorang kepala sekolah yakni sekitar 4 tahun dan paling lama 8 tahun.

Jika sudah mencapai batas lamanya itu (8 tahun), meski sang kepala sekolah dinilai berhasil, ia harus dimutasi kembali menjadi seorang guru biasa. Hal itu sesuai dengan Peraturan Mentri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 28 Tahun 2011.

Penurunan jabatan itu dikatakan Bakri bukan suatu persoalan mengingat jabatan kepala sekolah merupakan tugas tambahan semata bagi seorang guru.

“Kalau dilihat secara kasat mata, terlihat seperti turun jabatan tapi sebenarnya tidak demikian. Tugas dan fungsi sebenarnya kan seorang guru, kepala sekolah itu hanya tugas tambahan, jadi kembali ke tupoksinya kan sebenarnya bukan suatu masalah,” terangnya.

Setelah ini, Bakri mengatakan Disdik Karimun juga akan melakukan mutasi guru se-Kabupaten Karimun. Hal itu bertujuan agar terciptanya seorang guru yang inovatif dan kreatif dalam mengajar sesuai dengan kondisi tempat barunya nanti.

Bagi guru yang nantinya kena mutasi, Bakri mengharapkan dapat menerima dengan lapang dada, dengan satu-satunya pertimbangan demi terciptanya pelajar Kabupaten Karimun yang berprestasi dan cakap.

Bakri juga menegaskan Disdik Karimun tidak akan tunduk dengan tekanan-tekanan dari sejumlah pihak yang menginginkan tetap bertugas di pulau Karimun Induk, pusat pemerintahan Kabupaten Karimun berada dan menolak ditempatkan di pulau-pulau atau Hinterland.

“Kita tidak akan tunduk dengan tekanan-tekanan saat proses mutasi guru-guru nanti dilakukan. Kita akui, bertugas di Tanjungbalai sekitarnya masih menjadi tujuan favorit guru untuk mengajar. Tapi kita tidak akan tunduk dengan tekanan-tekanan itu, karena kebijakan mutasi nantinya itu, tentu sudah melalui pertimbangan yang matang,” tegasnya.

One thought on “25 Kepala Sekolah di Lantik Bupati Karimun

Leave a Reply

Your email address will not be published.