Tiga calon Sekdaprov Kepri Dipanggil Kemendagri

sebarkan:
Robert Iwan Loriaux, Amir Faisal dan Abdul Malik
Robert Iwan Loriaux, Amir Faisal dan Abdul Malik

BERITAKARIMUN.COM – Gubernur Kepri HM Sani mengusulkan tiga nama pejabat calon Sekretaris Daerah Propinsi (Sekdaprov) Kepri defenitif, menggantikan Suhajar Diantoro yang diangkat menjabat Rektor Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Jawa Barat.

Tiga nama yang diusulkan itu, terdiri Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kepri, Abdul Malik, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kepri, Robert Iwan Loriaux, dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kepri, Amir Faisal.

Belum lama ini (6/11), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memanggil tiga pejabat ini, untuk mengikuti fit and proper test di Jakarta. Tes dilaksanakan di lantai III Gedung Kementerian Dalam Negeri ini dilaksanakan sekitar pukul 15.00 hingga 18.00 Wib petang.

Abdul Malik, calon Sekdaprov Kepri, saat diminta keterangan, membenarkan hal ini. Tim penguji  fit and proper test yaitu Dirjen Otonomi Daerah, Inspektur Jenderal Dalam Negeri, Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (diklat) Kemendagri, dan pejabat Kesbang Pol Kemendagri.

‘’Tim ini diangkat oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kemendagri yang dibentuk oleh Mendagri,’’ ujar Malik, sabtu (9/11).

Malik melanjutkan, hasil tes ini akan dibahas tim Kemendagri sekitar sebulan.

‘’Jika tak ada halangan, bulan depan (Desember, red), Mendagri sudah memutuskan siapa pejabat Sekdaprov Kepri defenitif. Kita berharap, prosesnya berjalan lancar,’’ kata Malik.

Siapa pun pejabat yang terpilih, harus dihormati. Karena, keputusan itu mengacu hasil tahapan tes yang dilaksanakan pihak Kemendagri. ”Sebagai calon, saya akan hormati keputusan pusat,’’ kata Malik.

Sangat banyak pertanyaan yang diberikan dalam  fit and proper test ini. Antara lain terkait tugas dan fungsi Sekdaprov, bagaimana menjalin koordinasi yang baik dan benar dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta lintas vertikal lainnya. Pertanyaan lain, juga tertuju bagaimana seorang Sekdaprov menegakkan kedisiplinan pegawai. Koordinasi ini, dikaitkan dengan visi dan misi calon Sekdaprov dan visi misi kepala daerah. ‘’Semua calon telah menjawab semua pertanyaan yang diberikan dengan lancar,’’kata Malik lagi.

Sementara itu, calon lainnya, Robert Iwan Loriax juga membenarkan telah ikut  fit and proper test di Kemendagri. Namun ketika ditanya leih lanjut seputar tes tersebut, Robert masih enggan untuk membeberkannya. Ia mengatakan itu wewenang BKD untuk menjawabnya.

“Saya baru tiba di Batam sore tadi (kemarin,red). Tapi kalau untuk jelasnya tanya Pak Malik saja, karena yang lebih paham,” tutur Robert singkat dari balik sambungan teleponnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.